Sabtu, 04 Juni 2016

Komponen Engine dan Fungsinya

Ada beberapa komponen Engine pembentuk ruang bakar (combustion chamber) antara lain sebagai berikut:
     1. Cylinder Head
         Cylinder head berfungsi sebagai dudukan atau tempat dari valve group/katup. Cylinder head terbagi atas dua bagian yaitu Individual cylinder head dan Integral cylinder head. Individual cylinder head yaitu dimana dalam setiap cylinder head memiliki satu liner masing-masing. Sedangkan Integral cylinder head yaitu dimana satu cylinder head mencakup semua liner.
     2. Piston
         Piston berfungsi untuk menciptakan kompresi/tekanan serta sebagai dudukan dari ring piston. Piston terbagi atas dua jenis yaitu Single piston dan Two piece piston. Pada piston terdapat dua ring yaitu ring compresi dan ring oil. Ring compresi berfungsi untuk mencegah kebocoran bahan bakar ke bagian bawah piston serta meningkatkan kompresi, sedangkan Ring oil berfungsi untuk melumasi dinding liner agar tidak bergesekan langsung dengan piston. Pada permukaan atas piston terdapat lubang yang disebut dengan Crown yang berfungsi untuk menciptakan pencampuran yang sempurna antara udara dengan bahan bakar shingga menghasilkan tenaga yang sempurna.
     3. Intake Valve
         Intake valve berfungsi untuk membuka dan menutup saluran udara dan fuel ke dalam ruang bakar.
     4. Exhaust Valve
         Exhaust valve berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pembuangan sisa pembakaran/gas buang.
     5. Rocker Arm
         Rocker arm berfungsi untuk mendorong valve agar valve bisa membuka. Rocker arm terbagi atas 2 jenis yaitu Floating/bebas dan Fixed/terikat.
     6. Return Spring Valve
         Return spring valve berfungsi untuk menutup valve baik intake valve maupun exhaust valve. Return spring terbagi atas dua yaitu : Inner spring dan outer spring.
     7. Connecting Rod
         Connecting rod berfungsi untuk menghubungkan piston dengan crankshaft serta mengubah gerakan naik turun menjadi gerakan berputar (reciprocating to rotary) serta menahan ledakan di ruang bakar.
     8. Cylinder Liner
         Cylinder liner berfungsi untuk menciptakan kompresi bersama piston dan ring piston. Liner terbagi dua yakni Dry dan Wet. Liner jenis dry didinginkan oleh udara sedangkan liner jenis wet didinginkan oleh air.
     9. Crank Shaft
         Crank shaft berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun menjadi gerakan berputar.
     10. Intake Manifold
           Intake manifold berfungsi sebagai saluran pemasukan udara dan bahan bakar.
     11. Exhaust Manifold
          Exhaust manifold berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran.
     12. Pin piston
           Pin piston berfungsi sebagai pengunci antara piston dengan connecting rod.

     Demikian pembahasan singkat mengenai komponen utama pada engine pembentuk ruang bakar (combustion chamber). Jika ada yang kurang atau keliru silahkan tinggalkan komentar bos... Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar