Kamis, 16 Juni 2016

Siklus engine 4 tak/langkah

Langkah ke 1

Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi intake valve terbuka dan exhaust valve tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukkan.

Langkah ke 2

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi intake dan exhaust valve  tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar dari injector.

Langkah ke 3

Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga. Pada proses ini posisi intake dan exhaust valve masih dalam keadaan tertutup.

Langkah ke 4

Piston bergerak dari TMB ke TMA, Posisi intake valve terutup dan exhaust valve terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke exhaust valve yang sedang terbuka untuk diteruskan ke exhaust manifold.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar